oleh

Bupati Sebut Informasi Terbaru Dari Wartawan Sangat Dibutuhkan Pemerintah

Sangatta – Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) berkerjasama dengan Solopos Institute melalui MZK Intitute, berhasil menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) di Hotel Royal Victoria Sangatta, 13-14 November 2021.

Dalam kegiatan itu 27 wartawan dinyatakan berkompeten dalam 12 mata uji dari tiga jenjang, terdapat 19 wartawan jenjang UKW muda, lima madya, dan tiga utama.

Saat berlangsungnya penutupan, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan dirinya setiap saat sangat membutuhkan informasi terbaru dari sejumlah awak media. Karena wartawan punya kemampuan untuk menyampaikan informasi ke Publik.

“Saya butuh informasi-informasi ‘up to date’ (terkini) dari teman-teman. Wartawan punya kemampuan untuk menyampaikan itu ke publik, termasuk kepada Pemerintah,,” kata Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman

Ardiansyah mencontohkan keterlibatan jurnalis dalam pembangunan. Seperti ketika ada bencana alam longsor di Kecamatan Muara Bengkal, wartawan melalui media masa bisa dengan cepat menyebarkan informasinya. Sehingga Pemerintah bisa segera bergerak mencari solusinya.

“Dengan informasi cepat itu, saya pun segera tahu dan melakukan koordinasi dengan Dinas PU (Pekerjaan Umum) dan Perusahaan sekitar untuk melakukan perbaikkan. Begitu juga dengan informasi-informasi kejadian atau peristiwa lainnya,” tutur Ardiansyah Sulaiman.

Informasi terkini dari wartawan juga berfungsi sebagai masukan bagi pemerintah dan masyarakat. Sehingga pemerintah bisa melaksanakan pembangunan tepat sasaran. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa wartawan juga merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan. Terakhir, kepada seluruh awak media yang mengikuti UKW, Ardiansyah mengucapkan selamat karena telah dinyatakan kompeten. Tak lupa ia berterimakasih kepada para penguji yang rela datang jauh dari Solo ke Sangatta untuk menguji kompetensi puluhan wartawan di daerah ini. (Hms/*/KE)

Berita Terbaru