oleh

ITWIL Siap Kawal APBD Kutim Mulai Dari Perencanaan

Sangatta-Setelah Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berencana akan mulai melibatkan Inspektorat Wilayah (Itwil) masuk kedalam Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Kepala Itwil Muhammad Hamdan mengaku jika pihaknya siap mengawal APBD.

“Terus terang sampai sekarang saya belum menerima SK tentang TAPD. Kalau memang Inspektorat Wilayah nanti dilibatkan untuk masuk di dalam TAPD kami akan kawal sama seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lainnya,” Kata Muhammad Hamdan beberapa waktu yang lalu kepada media ini

Menurut hamdan Jika benar pihaknya akan segera dimasukkan ke dalam Tim TAPD, maka pihaknya akan bertugas memberikan saran/masukan kepada Pemerintah serta siap mengawal APBD sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga pada saat pelaksanaan anggaran dikemudian hari  tidak menimbulkan permasalahan.

“Kalau dilibatkan kami akan siap mengawal APBD mulai dari perencanaan hingga pertangung jawaban,” jelas Hamdan

Selain itu, setiap tahapan penyusunan APBD pihaknya mengaku akan memposisikan perannya sebagai pengawas untuk mengawal APBD agar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, jika selama ini Inspektorat Wilayah atau ITWIL selalu tidak dilibatkan kedalam  Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang bertugas untuk menyiapkan dan melaksanakan kebijakan kepala daerah dalam rangka penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Namun ditahun 2021 ini, Inspektorat Wilayah rencananya akan mulai dilibatkan masuk kedalam Tim Anggaran Pemerintah Daerah Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Hal tersebut disampaikan Langsung oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kutai Timur Irawansyah kepada media ini beberapa waktu yang lalu.

Karena itu, Selaku Ketua TAPD Irawansyah berharap agar sejak awal ITWIL sudah melakukan pemantaun mulai dari perencanaan anggaran, penganggaran hingga pelaporan. Sehingga bisa memberikan masukan dan mengawal APBD dengan baik serta bisa melakukan pencegahan.

“Jadi nanti Iwil nanti akan kita masukkan kedalam tim TAPD,” Kata Irawansyah beberapa waktu yang lalu.

 

 

Berita Terbaru