oleh

Buka Konektivitas Wilayah, Tahun Ini H Irwan Bakal Bangun 4 Halte Sungai di Kutim

Sangatta – Setelah adanya beberapa perwakilan Kaltim yang duduk sebagai Anggota DPR RI, sinergi antara Pemerintah Pusat dan Daerah terus semakin meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya program dari pemerintah Pusat terus menyentuh pelosok daerah di Kalimantan Timur, terutama di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Dalam waktu dekat ini, Kementerian Perhubungan RI melalui Badan Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) mulai membangun 4 halte sungai yang ada di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Program pembangunan itu merupakan bagian dari usulan anggota DPR RI H Irwan dari Fraksi Demokrat melalui mitra strategis Komisi V.

“Ini masih dalam proses pengerjaan oleh pihak BPTD dan diperkirakan rampung tahun ini,”Kata H Irwan usai melakukan peninjauan Dermaga Tanjung Kramat Pridan, Kecamatan Sangkulirang beberapa waktu yang lalu.

Diharapkan melalui pembangunan halte sungai ini bisa membuka konektivitas dengan daerah lain. Sehingga distribusi logistik angkutan orang dan barang bisa cukup lancar. Menurut Irwan, dari 10 program yang dikerjakan di Kaltim tahun ini, sebanyak 5 diantaranya ada di Kabupaten Kutim.

“Salah satunya halte sungai, tujuannya tidak lain untuk membantu masyarakat,” tegas Irwan yang putra asli Sangkulirang.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan melalui Kasi Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) Soleram menambahkan, pembangunan halte sungai tersebar di empat kecamatan yang ada di Kutim.

“Sungai Peridan Desa Peridan-Kecamatan Sangkulirang, Sungai Pengadan Desa Pengadan-Kecamatan Karangan, Sungai Kelinjau Desa Kelinjau Ulu-Kecamatan Muara Ancalong serta Sungai Bengalon Desa Muara Bengalon-Kecamatan Bengalon ” jelasnya.

Anggaran yang di gelontorkan untuk program ini senilai Rp 8 miliar. Bersumber dari DAK Kementerian Perhubungan. Terkait program ini, peran Dishub Kutim hanya menfasilitasi data dukung yang diperlukan.

Berita Terbaru