oleh

Dari Tokoh Agama Hingga Ormas di Kutim, Sepakat Jaga Kamtibmas dan Persatuan Bangsa

Sangatta – Demi mewujudkan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kabupaten Kutai Timur. Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman memimpin langsung penyelenggaraan Apel Kebangsaan bersama 3 pilar Kamtibmas dan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat serta ormas, di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi, Senin (26/04/21).

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan Apel Kebangsaan ini merupakan salah satu wujud penegasan kembali bahwa Bangsa Indonesia ini adalah bangsa Bhinneka Tunggal Ika dan ini harus ditegaskan disetiap moment setiap tahunnya.

“Oleh karena itu, selain amanat yang disampaikan oleh pemimpin upacara, juga tadi ada pengucapan ikrar kebangsaan dari semua peserta upacara, yakni 3 pilar Kamtibmas dan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat serta ormas yang menyatakan sepakat untuk selalu menjaga persatuan keutuhan bangsa dan negara,” Ucapnya kepada sejumlah awak media

Salah satu poinnya seperti, seluruh pihak sepakat untuk selalu mempererat silahturami antar agama, suku dan golongan demi merajut kebhinekaan dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, khusunya di Kabupaten Kutim. Serta menolak segala bentuk provokasi yang dapat menyebabkan perpecahan antar agama, suku dan golongan.

“Bahaya laten itu, seperti radikalisme, terorisme, narkotika, itu juga salah satu yang kita sepakati jangan sampai nanti muncul diwilayah kita, oleh karenanya kita harus menjaga segala bentuk provokasi apapun yang dapat menyebabkan perpecahan sedini mungkin kita jaga melalui semua lini masyarakat,” jelasnya

Selain itu, tak hanya tokoh agama, tokoh adat hingga ormas diminta untuk selalu menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.  melainkan setiap orang tua juga diminta untuk selalu menjaga keluarganya dari berbagai ancaman pengaruh narkotika, terorisme dan radikelisme.

“Tiga hal ini, terorisme, radikelisme, dan narkotika, jangan sampai muncul di wilayah kita. Itu yang penting harus kita jaga,” Ujarnya

Lebih lanjut, pihaknya juga sepakat selalu mendukung TNI/Polri untuk menegakkan kemanan demi terwujudnya Situasi Kamtibmas diwilayah Kabupaten Kutai Timur.

Berita Terbaru