Sembilan Hari Jelang Pelantikan Anggota DPRD Kutim, Sekwan Matangkan Persiapan

Sangatta. Sembilan hari jelang rencana pelantikan anggota DPRD Kutai Timur periode 2019-2024 atau tepatnya pada tanggal 14 Agustus 2019 mendatang, Sekretriat Dewan (Setwan) DPRD Kutim terus melakukan pembenahan dan persiapan matang. Mulai dari melakukan pembenahan gedung dan ruang sidang utama, hingga persiapan prosesi pelantikan. Hal ini agar proses pelantikan 40 anggota DPRD Kutim yang baru tersebut bisa berjalan lancar dan sesuai dengan yang direncanakan.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kutim, Suroto kepada wartawan menuturkan jika saat ini persiapan yang dilakukan pihaknya sudah 85 persen. Bahkan pihaknya juga sudah melakukan gladi atau uji coba pelaksanaan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD Kutim yang baru. Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan seragam berupa setelan jas yang nantinya akan dikenakan oleh anggota DPRD Kutim yang baru saat proses pelantikan. Termasuk pin emas DPRD, yang akan disematkan kepada anggota DPRD Kutim yang baru dilantik.

Lanjut Suroto, dalam pelaksanaan pelantikan nanti, pihaknya hanya akan menyiapkan 1.000 undangan dan porsi konsumsi. Hal ini mengingat keterbatasan ruang sidang utama dan gedung DPRD Kutim dalam menampung undangan. Sementara, setiap anggota DPRD yang baru dilantik nanti, akan mendapatkan sepuluh buah undangan yang bisa digunakan untuk mendatangkan keluarga maupun tim sukses pada saat pelantikan.

Terkait pembiayaan, Suroto mengaku jika anggaran yang dikeluarkan untuk prosesi pelantikan tidaklah terlalu besar. Untuk pembiayaan pembuatan setelan jas dan pin anggota DPRD, total menghabiskan anggaran lebih kurang Rp 400 juta. Sementara untuk konsumsi, hanya prasmanan dengan porsi 1.000 orang tamu. Sehingga total biaya yang dihabiskan lebih kurang Rp 500 juta.

Ditambahkan Suroto, saat ini pihaknya tinggal menunggu didterbitkannya Surat Keputusan (SK) penetapan anggota DPRD Kutim periode 2019-2024 oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor. Saat ini dokumen pengusulan pengesahan dan penetapan nama-mana anggota DPRD Kutim baru tersebut sedang diproses oleh Bagian Pemerintahan Setkab Kutim. Dirinya berharap, dalam sepekan ini seluruh proses pengurusan SK tersebut bisa diselesaikan.

Posting Terkait

Berita Terbaru

Berita Terbaru