Teken MoU Dengan UNU Kaltim, Pemkab Kutim Ingin Ciptakan Generasi Cerdas dan Berakhlak Mulia

Sangatta. Satu lagi upaya Pemerintah Kutai Timur (Kutim), dalam menciptakan generasi muda Kutim yang cerdas secara keilmuan, serta memiliki akhlak dan keimanan yang mulia, yakni menjalin kerjasama di bidang pendidikan dengan Universitas Nahdatul Ulama (UNU) Kaltim. Bukti kerjasama ini ditandai dengan penandatangan nota kesepakatan kerjasama antara Bupati Kutim, Ismunandar dengan Rektor UNU Kaltim, Dokter Farid Wajdy, pagi tadi, di ruang Meranti Kantor Bupati Kutim.

Usai kegiatan, kepada Wartawan Farid Wajdy mengungkapkan jika kerjasama antara Pemkab Kutim dengan UNU Kaltim ini sebenarnya sudah sejak lama tercetus dalam perbincangan antara dirinya dengan Bupati Ismunandar. Hal ini seiring dengan keinginan Bupati Ismu untuk lebih meningkatkan kualitas generasi muda Kutim dalam bidang pendidikan. Rencana ini kemudian diwujudkan dengan melakukan penandatangan secara resmi kerjasama antara Pemkab Kutim dan UNU Kaltim, yang siap menampung dan mendidik putra-putri Kutim untuk belajar dan kuliah di UNU Kaltim.

Lanjut Farid, saat ini sudah ada 20 mahasiswa asal Kutim yang telah menempuh perkuliahan di UNU Kaltim dan kini sudah memasuki semenster ketiga, melalui program beasiswa pendidikan yang dilakukan Pemkab Kutim. Sedangkan pada tahun ajaran baru ini, sepuluh program studi (PS) yang ada pada UNU Kaltim kembali siap menerima calon mahasiswa yang dikirim oleh Pemkab Kutim.

Terpisah, Bupati Kutim Ismunandar berharap melalui kerjasama antara Pemkab Kutim dan UNU Kaltim, para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Kejuruan (SMK), bisa melanjutkan studinya di universitas. Selain itu, Fakultas dan program studi yang ada di UNU Kaltim juga cukup bagus dan beragam. Seperti, Fakultas Farmasi, Fakultas Tekhnik Sipil dan Arsitektur, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika, dan beberapa program studi lainnya. Sementara jika putra-putri Kutim ingin memperdalam keilmuan tentang pertanian dan perikanan, cukup di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) milik Pemkab Kutim yang ada di Sangatta.

Terkait program beasiswa yang diberikan oleh Pemkab Kutim kepada mahasiswa Kutim yang belajar di UNU Kaltim, Ismu memastikan tahun ini akan membuka program beasiswa ini secara terbuka. Jika sebelumnya program beasiswa hanya diberikan melalui Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kutim, namun mulai tahun depan Pemkab Kutim juga siap kembali menggelontorkan program beasiswa bagi pelajar Kutim yang berprestasi dan ingin melanjutkan kuliah di UNU Kaltim. Hal ini juga sejalan dengan program Kutim Cemerlang yang terus digaungkan oleh Pemkab Kutim.

Posting Terkait

Berita Terbaru

Berita Terbaru