Sungai Bengalon Kerap Jadi Tempat Buang Sampah, Camat Bengalon Masih Cari Lahan TPA

Sangatta…Akibat sungai bengalon masih kerap dijadikan salah satu tempat pembuangan sampah rumah tangga oleh sebagaian warga di Kecamatan Bengalon. Sementara disisi lain sungai juga masih dijadikan sebagai lokasi untuk mandi, mencuci, dan menjadi sumber bahan baku air bersih bagi PDAM, yang dikonsumsi masyarakat. Membuat Camat Bengalon Suharman terus berupaya untuk mencari lokasi TPA bagi warga Bengalon.

Menurut Suharman hingga saat ini dirinya masih menjalin komunikasi dengan beberapa perusahan pertambangan yang ada di Kecamatan Bengalon, agar lokasi eks tambang yang memang tidak memiliki nilai ekonomi, bisa dimanfaatkan untuk lokasi TPA.  Sebab sebagian lokasi di Bengalon sudah dilakukan kegiatan eksploitasi.

Untuk itu, dari hasil komunikasi tersebut, pihaknya berharap bisa mendapatkan lokasi TPA Sampah 5 sampai 10 Hektar lahan bekas tambang batu bara. Terlebih sebagian lokasi di sekitar areal PT KPC sudah menjadi lokasi eks tambang yang bisa dimanfaatkan untuk lokasi TPA.

Lebi lanjut suharman menambahkan dengan adanya lokasi TPA tersebut, selain bisa menyelamatkan  sungai dari pencematan sampah, juga bisa mengurangi pendangkalan sungai akibat peumpukan sampah.  Sebab   jika ribuan rumah tangga semua buang sampah ke sungai, maka otomatis  akan mengakibatkan pendangkalan sungai yang antinya akan mengakibatkan banjir  dipemukiman masyarakat saat turun hujan, terutama mengakibatkan tercemarnya sungai sebagai sumber air baku air PDAM.

Posting Terkait

Berita Terbaru

Berita Terbaru