oleh

Pemkab Kutim Siap Tambah Daya PLTS Pulau Miang

Sangatta. Saat ini masyarakat yang bermukim di Pulau Miang Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur, telah merasakan nikmatnya fasilitas listrik 24 jam dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat atau komunal dengan kapasitas 50 kWp (kilo watt).

Tidak hanya dapat memasang tiga titik lampu di masing-masing rumah, namun warga juga bisa menonton televisi. Akan tetapi, ternyata daya yang disuplai PLTS dirasa masih kurang. Karenanya, Pemerintah Kutai Timur berencana menambah kapasitas daya listrik pada PLTS komunal yang kini sudah dimanfaatkan warga. Demikian diungkapkan Bupati Kutim, Ismunandar.

Pada peresmian Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kudungga Tahap II belum lama ini, Ismu mengatakan saat dirinya mengunjungi Pulau Miang beberapa waktu lalu, menerima keluhan warga terkait kecilnya kapasitas daya listrik yang disuplai PLTS komunal. Meski sudah bisa menikmati listrik dan penerangan selama 24 jam, namun warga masih membutuhkan tambahan daya guna kebutuhan peralatan elektronik lainnya.

Seperti lemari es dan kulkas pembeku. Terlebih mayoritas warga Pulau Miang berprofesi sebagai nelayan. Kebutuhan ini digunaka untuk membekukan ikan dan hasil tangkapan lainnya.

Lanjut Ismu, dirinya memahami keluhan warga tersebut dan menganggapnya wajar. Terlebih menyangkut kebutuhan sehati-hari. Karena itu, dirinya berjanji akan segera memproses permintaan warga Pulau Miang untuk menaikkan kapasitas daya PLTS komunal yang ada sekarang.

Sebagaimana diketahui, melalui hibah Kementrian ESDM, Pemkab Kutim mendapatkan bantuan berupa PLTS terpusat dengan kapasitas 50 kWp. Bantuan solar cell komunal ini kemudian disalurkan kepada warga yang bermukim di Pulau Miang Kecamatan Sangkulirang, Kutim.(et/*)

 

 

Berita Terbaru