DPRD Apresiasi Pembangunan Media Jalan Road 9

Parlementaria119 Dilihat

Sangatta…Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim) David Rante memberikan apresiasi kepada managemen PT Kaltim Prima Coal (KPC) yang telah rampung menyelesaikan pembangunan median jalan di Road 9, Sangatta Utara.

“Kita bersyukur pihak KPC bisa membantu. Karena ini otoritas pemerintah daerah,” ujarnya,

Pembangunan median di jalan poros yang menghubungkan Kecematan Bengalon dan Kota Sangatta itu disebutkan efektif dan sangat membatu untuk mengurangi angka kecelakaan.

“Warga kini bisa menikmatinya. Kami harap ini menjadi semangat kami lagi untuk bisa menambah pembangunan di Kutim selama menjadi wakil rakyat,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, kondisi Jalan Road 9, Sangatta Utara, yang belum memiliki median hingga menimbulkan banyak kecelakaan, mendapat perhatian serius dari DPRD Kutim. Perhatian tersebut ditunjukan dalam gelar rapat dengar pendapat di Sekretariat dengan menghadirkan sejumlah kepentingan.

Usai, David Rante yang bersama Wakil Ketua DPRD Kutim Yulianus Palangiran dan Kepala Dinas Perhubungan Kutim serta pihak PT KPC meninjau lokasi jalan yang akan mereka bangun tersebut.

Dalam kunjungannya, David mengatakan langkah pertama yang dilakukan KPC yakni pembersihan Road 9 dan penutupan lubang-lubang jalan seperti yang ada di depan Gang Pontiku. Pembenahan Road 9 untuk meminimilasir angka kecelakaan yang didanai seratus persen oleh PT KPC  termasuk pembuatan median jalan dan zebra cross.

“Minimal Oktober 2018 sudah selesai dikerjakan, makin cepat lebih bagus,” tuturnya.

Terkait dengan panjang dan ukuran median jalan, kata David, disepakati kurang lebih sepanjang 900 meter dan untuk perangkatnya disesuaikan dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 34 tahun 2014.

Sebelumnya, dalam rapat dengar pendapat umum menindak lanjuti tentang median atau pembatas jalan Yos Sudarso Road 9 yang digelar pagi ini di ruang hearing Sekretariat DPRD Kutim, Bukit Pelangi itu menyimpulkan sejumlah poin diantaranya yakni tentang pembangunan median sepenuhnya diserahkan kepada PT KPC dengan pengawalan dari Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga.

Selajutnya, secara teknis disebutkan masalah-masalah sering terjadi kecelakaan di road 9 yakni dari Simpang Tiga Telkom sampai di depan rumah Wakil Ketua MPR RI Mahyudin. Jalan road 9 meski berkisar hanya 900 meter akan tetapi telah banyak menelan korban jiwa.

Berita Terbaru