oleh

Jalan Poros Sangatta Rantau Pulung Terancam Putus,

Sangatta…Kondisi jalan poros Sangatta menuju Kecamatan Rantau Pulung kini kembali amblas bahkan nyaris putus total. Hal ini terlihat dari kondisi amblasnya permukaan tanah yang sudah melewati lebih dari separuh badan jalan yang ada. Kondisi ini membuat para pengguna jalan cukup berhati-hati saat akan melintasi badan jalan yang nyaris putus tersebut, terlebih jika dalam kondisi malam karena tidak adanya penerangan jalan pada lokasi amblas. Sedangkan dari pengamatan awak media, amblasnya badan jalan diperkirakan hampir mencapai kedalaman 3 meter dengan kondisi bertebing.

Camat Rantau Pulung, Mulyono saat dikonfirmasi awak media mengakui jika kondisi nyaris putusnya salah satu titip pada Poros Sangatta menuju Rantau Pulung tersebut sudah terjadi lebih dari dua minggu terakhir. Besar kemungkinan penyebab nyaris putusnya jalur tersebut karena kondisi kontur tanah yang menopang jalan memang labil dan lebih banyak berpasir. Hal ini juga bisa dilihat dari kondisi keseluruhan jalur poros Sangatta menuju Rantau Pulung yang memang terlihat banyak badan jalan yang amblas dan longsoran di beberapa lokasi.

Selain itu, pada jalur poros yang nyaris putus tersebut, diakui Mulyono akan dilakukan rekayasa jalur oleh Dinas Pekerjaan Umum Kutim, yang kemungkinan akan dibuatkan jembatan bailey atau rekayasa jenis lainnya, seperti yang dilakukan pada beberapa lokasi lainnya di poros Sangatta-Rantau Pulung.

Sementara itu, menurut salah satu pengendara yang melintas wahidin, longsornya badan jalan dibeberapa titik menuju rantau pulung sangat meyusahkan bagi setiap pengendara yang melintas pasalnya jalan tersebut merupakan akses utama menuju ranpul dan kecamatan batu ampar.

 

Berita Terbaru