Sukses Bangun IPA Kudungga, Ismunandar Inginkan Kalaborasi Dilanjutkan ke WTP Kabo Jaya

Sangatta…Setelah meresmikan Pembangunan IPA Kudungga Tahap II yang di tandai dengan penekanan tombol serine, sebagai tanda beroperasinya IPA Kudungga Sangatta dengan kecepatan 100 liter per Detik. Bupati Kutim Ismunandar kembali berharap bisa kembali berkalaborasi dengan PT Kaltim Prima Coal untuk mengatasi sumber Air WTP Kabo Jaya yang saat ini masih kurang maksimal.

Menurut ismunandar saat ini sumber air WTP kabo jaya belum maksimal lantaran masih berpengaruh terhadap kondisi cuaca di kutim, sehingga ikut berdampak terhadap penyedian kebutuhan air bersih khsusunya di Kota Sangatta. Terlebih WTP kabo jaya digunakan kurang lebih 60 persen penduduk di Kota Sangatta.

Untuk itu, dengan suksesnya kalaborasi pembangunan IPA Kabo Jaya, terutama dalam hal penyedian air bersih yang bersumber dari Telaga Kenyamukan dengan kualitas air no satu, juga bisa diterapkan di WTP Kabo Jaya. Sehingga permasalahan kebutuhan air bersih di Kota Sangatta bisa sepenuhnya tertangani.

Sementara itu, General Manager External Affairs and Sustainable Development atau ESD Wawan Setiawan, mengakui jika PT KPC masih memiliki beberapa lokasi cadangan air yang lebih besar, bila dibandingkan dengan telaga kenyamukan yang saat ini digunakan IPA Kudungga. Seperti di kolam Pit J Poin dan telaga batu arang.

Dari kedua lokasi cadangan air tersebut, menurut Wawan Setiawan salah satu diantaranya telah dilakukan kajian yakni telaga batu arang yang memiliki kualitas air sama dengan telaga kenyamukan.

Namun dirinya belum bisa memastikan apakah telaga batu arang maupun Pit J Poin katersedian air bersih tercukupi ketika musim kemarau tiba. Sehingga saat ini kedua telaga tersebut masih membutuhkan kajian lebih dalam.

Untuk itu, dirinya berharap doa dari seluruh pihak, agar pihaknya bisa lebih dalam melakukan kajian ketersedian air bersih di Kutim. Sehingga ketersedian air bersih tidak hanya bisa menyuplai di Kota Sangatta saja melainkan hingga ke pelosok Kutim.

 

Posting Terkait

Berita Terbaru

Berita Terbaru