Pemkab Kutim Rencanakan Bangun Penangkaran Buaya Di Kenyamukan

Sangatta…Pemerintah kabupaten Kutai Timur memastikan akan mulai membangun penangkaran buaya pada tahun 2019 mendatang, hal tersebut diperkuat setelah dianggarkan melalui APBD 2019 senilai Rp 2 miliar.

Menurut Wakil Bupati Kutim, KasmidiĀ  Bulang, kebutuhan penangkaran buaya sangat prioritas. rencanyanya pembangunan penangkaran buaya tersebut, akan di tempatkan di Dusun Kenyamukan, Sangatta Utara.

Selain itu, Kasmidi mengakui, jika saat ini pihaknya tengah melakukan pemetaan kawasan yang akan di jadikan lokasi penangkaran buaya, untuk dilakukan pembebasan lahan seluas 2 hektar. sementara pembebasan lahannya akan dilaksanakan secara bertahap.

Seperti diketahui, populasi buaya di Kutai Timur, sering menggangu keselamatan warga, bahkan sudah sering memakan korban jiwa. yang menjadi kendala, ketika buaya berhasil ditangkap, justru tempat penampungan buaya tersebut yang belum ada. sementara buaya termasuk hewan yang dilindungi, sehingga tidak boleh dibunuh.

Gangguan predator tersebut tidak hanya saat warga berada di sekitar perairan, namun banyak diantara buaya yang ditemukan masuk di pemukiman warga.

Berita Terbaru