oleh

Distanak Kutim Minta Masyarakat Beli Hewan Kurban Yang Berlabel Sehat

-Kutai Timur -Kutim-3.153 views

Sangatta. Jelang hari Idul Adha 1439 hijiriah, jual-beli hewan kurban di Kota Sangatta kini semakin marak. Untuk itu Dinas Pertanian dan Peternakan atau Distanak Kutim meminta masyarakat lebih selektif saat membeli hewan kurban kesejumlah pedangan, terutama memeriksa kesehatan hewan apakah layak di konsumsi atau tidak.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Peternakan Kutim, Mardi Suaibman Mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pengawasan langsung kesejumlah penjulan hewan kurban di kota Sangatta.

Terutama memberikan label sehat terhadap hewan kurban yang di jual di pasar ternak. Hal itu dimakasudkan untuk memudahkan masyarakat mengenali mana hewan yang sehat dan mana yang tidak, saat membeli hewan ternak untuk dijadikan hewan kurban.

Untuk itu, pihaknya meyarankan bagi warga yang ingin membeli hewan kurban di Kota Sangatta, wajib membeli Hewan yang telah memiliki label sehat dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Timur.

Lebih Lanjut, Mardi menambahkan pemantauan kesehatan hewan kurban di kota Sangatta rutin dilaksanakan setiap tahunnya guna mencegah kemungkinan masuknya penyakit berbahaya. Penyakit pada hewan ternak yang patut diwaspadai salah satunya yakni antraks.

 

 

Berita Terbaru