oleh

Maksimalkan Suplai Air PDAM Dinas PU Kutim Bangun Reservoir 1000 Liter Kubik

-Kutai Timur -Kutim-3.884 views

Sangatta…Untuk memaksimalkan suplai air bersih dari PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta di kawasan Soekarno-Hatta, Perkantoran Pemerintah Kutai Timur di Bukit Pelangi serta kawasan pemukiman di Jalan AW Syahrani.  Dinas Pekerjaan Umum Kutim, akan segera membangun reservoir dengan kapasitas 1000 liter kubik di puncak bukit TVRI yang terletak di kawasan Bukit Pelangi Sangatta.

Kepala Dinas PU Kutim, Aswandini Eka Tirta mengatakan saat ini kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Kampung Tator dan Jalan Dayung sudah mendapat suplai air bersih PDAM dari IPA Kabo sebesar 50 liter perdetik, yang dialirkan melalui Water Treatment Plant Kudungga. Namun jika dimaksimalkan hingga 100 liter perdetik, maka kapasitas suplai air bersih ini akan over atau berlebih hanya untuk masyarakat yang bermukim di kawasan tersebut.

Untuk itu, Dinas PU Kutim akan segera membuat reservoir dengan kapasitas daya tampung mencapai 1000 liter kubik di puncak bukit TVRI, yang memang merupakan dataran tertinggi di kawasan Bukit Pelangi. Nantinya, dengan menggunakan boster, suplai air bersih dari IPA Kabo yang saat ini ditampung pada WTP Kudungga akan ditembakkan ke reservoir Bukit Pelangi. Menggunakan daya gravitasi, 1000 liter kubik air akan dialirkan untuk kawasan Soekarno-Hatta, perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi serta sebagian kawasan pemukiman di Jalan AW Syahrani.

Lebih jauh dikatakan Aswan, saat ini proses pembangunan reservoir Bukit Pelangi sudah mulai berjalan. Seperti pemasangan pipa induk dengan kapasitas 100 liter perdetik yang disambungkan dari WTP Kudungga hingga ke bukit TVRI di Bukit Pelangi. Dengan adanya reservoir Bukit Pelangi, maka kedepan pola suplai air bersih PDAM akan berubah.

 

Berita Terbaru