Pemerintah Loa Janan Bangun Gedung Data Center

Kutai Kartanegara – Proyek pembangunan data center yang dikerjakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) akhirnya rampung. Pengerjaan proyek yang dibangun disamping Kantor pelayanan Kecamatan Loa Janan ini dikerjakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kukar).

Anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan data center ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
“Pembangunan gedung ini dilaksanakan pada tahun 2023, melalui anggaran APBD perubahan 2023,” kata Camat Loa Janan, Heri Rusmadi.

Bahkan, pembangunan yang dibiayai oleh APBD tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Keberadaan gedung data center ini juga disebut sebagai tanda, bahwa Kecamatan Loa Janan siap menerapkan kebijakan satu data Indonesia, dengan mengelola data yang relevan dengan Kabupaten.
“Fokus utama akan diberikan pada data-data yang relevan dengan Kukar dan Kecamatan Loa Janan,” sebutnya.

Keberadaan gedung data center ini juga dinilai penting terhadap keberlangsungan data di tahun-tahun mendatang, memastikan perencanaan dan pengambjlan kebijakan yang lebih tepat sasaran.
“Dengan adanya gedung data center, kami berharap perencanaan dan pengambilan kebijakan di Kecamatan Loa Janan akan menjadi lebih tepat sasaran dan efektif di masa mendatang,” tutupnya. (Adv/diskominfokukar).