oleh

Kodim 0909/KTM Launching Penyerahan Bantuan Tunai Senilai Rp 1,4 Miliar Untuk 1200 Pedagang

Sangatta – Sekira pukul 13.00 Wita siang tadi, Kamis (14/10/2021) Komando Distrik Militer (Kodim) 0909/Kutai Timur (Kutim) menggelar acara Launching Penyerahan Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) senilai Rp 1, 4 miliar yang ditandai dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Dandim 0909/Kutai Timur Letkol CZI Heru Aprianto kepada perwakilan Pedagang Kaki Lima di Kota Sangatta.

Dandim 0909/Kutai Timur Letkol CZI Heru Aprianto mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan ini merupakan program untuk pemulihan ekonomi nasional, juga merupakan kebijakan dari keuangan negara yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19 atau menghadapi ancaman yang membahayakan stabilitas sistem keuangan serta penyelamatan perekonomian negara.
“kegiatan hari ini merupakan launching penyaluran BTPKLW kepada 50 orang pedangang di Kota Sangatta dan selanjutnya penyalurannya akan dilakukan disetiap koramil,” Kata Letkol CZI Heru Aprianto kepada sejumlah awak media

Dalam program BTPKLW ini, Kodim 0909/KTM akan menyalurkan bantuan kepada 1200 orang pedagang kaki lima dan warung yang tersebar di 18 kecamatan. “Setiap orang atau pedangang nantinya akan menerima uang tunai sebesar Rp 1,2 juta tanpa potongan serupiah pun.”Ucap Letkol CZI Heru Aprianto

Dijelaskannya, sebelum dilakukan pendistribusian, terlebih dulu pihaknya melakukan pendataan dengan melibatkan langsung Babinsa dimasing-masing wilayahnya. Ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi, salah satu syaratnya ialah calon penerima belum pernah menerima bantuan dari manapun.

“Jadi kalau di kita ini, proses verifikasi harus dibenarkan terlebih dahulu kemudian anggaran tersebut baru bisa digelontorkan. Jadi 1200 ini sudah melalui beberapa kali perbaikan. Bahkan verifikasi ini sudah dilakukan sejak 3 bulan yang lalu untuk mencegah terjadinya kesalahan atau double. Jadi 1.200 orang ini benar-benar yang belum pernah menerima bantuan,” Tuturnya.

Selain itu menurut Letkol CZI Heru Aprianto setiap penyaluran BTPKLW kepada masyarakat nantinya juga akan dipertangungjawabkan oleh Kodim 0909/KTM. “jadi setiap satu orang kita mintai bukti penyerahan bukti tunai. Kalau 1200 orang berarti kita harus melampirkan 1200 bukti pertangungjawaban bahwa itu benar-benar diterima dan tepat sasaran,”Tutupnya

Sementara itu, mewakili pemerintah, Suroto Asisten (II) Perekonomian dan Pembangunan Kutim dalam kesempatan itu memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang telah menyalurkan bantuan tunai untuk masyarakat Kutim.

Menurut Suroto dengan bantuan itu semoga dapat menjadi modal usaha atau dapat digunakan sebaik-baiknya bagi para penerima.

“Kami dari pemkab kutim sangat berterimakasih sekali, harapannya bagi penerima dapat menggunakan dengan sebaiknya, kami juga sangat mengapresiasi pada jajaran TNI-POLRI yang terus membantu pemerintah dalam hal vaksinasi, untuk para pedagang yang belum vaksin ayo segera laksanakan, hingga sekarang capaian vaksinasi baru sampai 37 persen,” tutup

Berita Terbaru