oleh

Ditengah Pandemi, Pemkab Kutim Tetap Komitmen Jaga Keselarasan Pembangunan

Sangatta – Peringatan hari jadi Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang ke-22 tahun, nampaknya dimanfaatkan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman sebagai momen untuk menata seluruh aspek kehidupan yang memasuki tatanan baru maupun dalam melanjutkan progam pembangunan ditengah pandemi covid-19 ini

“Memaknai situasi kondisi tersebut serta bercermin dari pelaksanaan pembangunan yang dibatasi oleh Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kita semua patut bersyukur bahwa dampak tersebut meski dirasakan berat namun tujuan dan arah pembangunan tetap dipegang secara konsisten,” Kata Ardiansyah Sulaiman saat membacakan pidato dalam rapat paripurna ke 46, di ruang paripurna DPRD Kutim, Senin (11/10/2021)

Dalam kesempatan itu, Ardiansyah Sulaiman juga mengatakan bahwa kita bersyukur bahwa pemimpin-pemimpin terdahulu telah meletakkan dasar yang tangguh sehingga selalu menjadi inspirasi bagi kita semua untuk melanjutkan pembangunan, meskipun tantangan yang dihadapi akan semakin berat.

“Kita patut beryukur kepada Allah SWT, dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih terhadap jasa pengabdian dan Dharma Bhakti kepada Bapak Prof. Dr. H. Awang Faroek Ishak, M.Si., Bapak Dr. H. Mahyudin, ST., MM., Bapak Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si, Bapak Dr. Ir. Ismunandar, MT, Semoga Allah SWT senantiasa memberikan Berkah, Rahmat dan Karunia-Nya atas jasa-jasa mereka Aamiin Ya Robbal Alaamiin,” Ucapnya

Selanjutnya, Bupati menyampaikan memasuki Tahun pertama masa pemerintahan, kita dihadapkan pada permasalahan kesehatan dan perekonomian, dan saya sangat mengapresiasi kerja keras semua unsur TNI, Polri, swasta maupun birokrasi baik dari tingkat Kabupaten sampai tingkat RT, bahu membahu dalam pendisiplinan protokol kesehatan, 3T, termasuk vaksinasi serta penyiapan fasilitas isolasi.

“Hal ini menjadikan inspirasi kami dalam menjalankan roda pemerintahan. Sejalan dengan ditetapkan Perda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kutai Timur Tahun 2021-2026, kami ingin momen tersebut menjadi katalisator dalam pencapaian target yang telah disepakati,” Imbuhnya

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur berkomitmen untuk menjaga kesinambungan dan keselarasan antara rencana pembangunan jangka menengah daerah dengan rencana pembangunan jangka panjang daerah.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka telah ditetapkan visi “Menata Kutai Timur Sejahtera Untuk Semua”, dengan Misi antara lain, seperti mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia, berbudaya dan bersatu, mewujudkan daya saing ekonomi masyarakat berbasis sektor pertanian, mewujudkan pelayanan dasar bagi masyarakat secara proporsional dan merata, mewujudkan pemerintahan yang partisipatif berbasis penegakan hukum Dan teknologi informasi, serta mewujudkan sinergitas pengembangan wilayah dan integrasi pembangunan yang berwawasan lingkungan,” Jelasnya

Tak hanya itu, pertumbuhan ekonomi daerah yang mengalami perlambatan pada Tahun 2020, sangat dipengaruhi oleh kondisi perekonomian global, regional dan nasional yang diakibatkan oleh Pandemi Covid-19.

Hal ini berpengaruh langsung terhadap fiskal daerah tidak terkecuali bagi Kabupaten Kutai Timur. Kebijakan fiskal pemerintah pusat, khususnya berkaitan dengan penyaluran Dana Bagi Hasil, berpengaruh secara signifikan terhadap besaran APBD dan kemampuan fiskal Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. (ADV/Kominfo)

Berita Terbaru