oleh

Besok MK Akan Putuskan Sengketa Pilkada Kutim, Apakah Lanjut Atau Tidak

Sangatta – Sidang Putusan sengketa Pilkada tahun 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK) mulai berlangsung hari ini, Senin (16/2/2020). Sidang yang digelar mulai Pukul 09.00 Wita itu membacakan ketetapan dan putusan terhadap 33 perkara hasil Pilkada serentak 2020 lalu, salah satunya Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Diketahui 33 perkara itu, dilakukan sidang secara daring yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, digelar secara 3 sesi hari ini.

“Pagi ini sidang pengucapan ketetapan dan putusan untuk beberapa perkara. Untuk sesi pertama pagi ini ada 14,” kata ujar Ketua MK Anwar Usman dalam pembukaan sidang putusan PHP Pilkada yang berlangsung di ruang Pleno Gedung MK, yang disaksikan melalui di chanel MK di yotube.

Sesi pertama terdapat 14 perkara digelar pukul 09.00 WIB, sesi kedua delapan perkara digelar pukul 13.00 WIB, dan sesi ketiga 11 pekara digelar pukul 16.00 WIB.

Sementara untuk sidang putusan sengketa Pilkada Kabupaten Kutai Timur (Kutim), dan Perselisihan Hasil Pemilihan Wali Kota Balikpapan sesuai jadwal MK di https://www.mkri.id  akan dilakukan pada hari selasa besok tanggal 16 Februari 2021, sekira pukul 13 . 00 Wita bersamaan dengan beberapa daerah lainnya.

Seperti, Perselisihan Hasil Pemilihan Walikota Kota Surabaya Tahun 2020 dan Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Kabupaten Teluk Bintuni Tahun 2020 serta Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Poso Tahun 2020.

Untuk diketahui, bagi perkara yang diputuskan lolos ke sidang selanjutnya, maka MK akan mengagendakan sejumlah sidang. Pada tahap itu, para pihak dapat menambahkan alat bukti, baik yang tertulis maupun menghadirkan Saksi dan Ahli.

Berita Terbaru