oleh

Hadapi Bencana di 2021, Pemkab Kutim Siapkan Anggaran Rp 36 Miliar

Sangatta>>>Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) telah menyiapkan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) sebesar Rp 36 miliar ditahun 2021 ini. Namun terkait peruntukkan anggaran tersebut masih akan dibahas oleh Pemkab Kutim, terutama untuk penaggulangan bencana sosial covid-19 serta untuk mengantisipasi bencana lainnya disepanjang tahun 2021.

“Ini akan segera kita bahas yang nantinya penggunaan anggarannya akan dibuatkan Surat Keputusan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutim.” Jelas Sekretaris Kabupaten Kutai Timur Irawansyah beberapa waktu lalu saat mengikuti rapat penanganan covid-19.

Untuk itu, pihaknya meminta sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Kutim yang tergabung dalam gugus tugas percepatan penanganan covid-19 untuk segera mengusulkan terkait penggunaan anggarannya.

“Jadi Rp 36 miliar ini, Rp 6 miliarnya sudah diperuntukkan untuk membayar honor tenaga kesehatan. Sementara untuk sisanya sebesar Rp 35 miliar untuk belanja tak terduga yang berkaitan dengan covid-19, dampak ekonomi hingga yang lainnya.” Bebernya

Selain itu Irawansyah mengaku setelah dilakukan evaluasi anggaran belanja tak terduga Pemkab Kutim berada di posisi tengah jika dibandingkan dengan beberapa daerah lainnya.

Mengetahui hal tersebut, Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengakui jika pihaknya akan segera membahas peruntukan anggaran tersebut melalui mekanisme dan sesuai skala prioritas yang akan di hadapi selama satu tahun kedepan.

“Di APBD kita, ada kita alokasikan anggaran untuk belanja covid-19 serta lainnya. Nanti anggaran ini akan kita rumuskan bersama tentunya lewat mekanisme dan skala prioritas”. Ucapnya

Berita Terbaru