oleh

Hari Ini, Sejumlah Masjid di Kutim Mulai Laksanakan Sholat Jumat Berjamaah

Sangatta…Setelah beberapa bulan tidak digunakan sebagai tempat beribadah. Akhirnya sejumlah masjid di Kutim mulai hari ini 05/06/2020 kembali bisa digunakan untuk melaksanakan Ibadah Sholat Jumat secara berjamaah, setelah mendapatkan izin dari Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

Salah satunya Masjid Agung Al Faruq kembali difungsikan untuk sholat jumat secara berjamaah di tengah pandemi Virus Corona atau covid-19. Namun dalam pelaksanaan sholat jumat kali ini, terlihat sangat berbeda dari hari-hari biasanya. Karena seluruh jamaah di wajibkan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan Pemerintah.

Sebelum memasuki masjid, terlebih dahulu setiap jamaah Sholat Jumat wajib diukur suhu tubuhnya oleh pengurus masjid, apabila terdapat jamaah yang memiliki suhu tubuh yang tinggi, maka tidak diperbolehkan memasuki masjid dan setiap jamaah wajib menggunakan masker.

“Mohon maaf ya pak kita ukur suhu tubuhnya dulu”. Ucap salah satu petugas masjid sambil mengarahkan alat pengukur suhu tubuh ke arah wajah para jamaah masjid Agung Al Faruq

Selain itu, sebelum mengikuti sholat jumat, setiap shaf jamaah juga tidak diperbolehkan rapat dan diatur satu meter lebih antara jamaah satu dan lainnya. Bahkan para petugas masjid juga terus menyerukan agar jamaah terus menjaga jarak, serta melarang bersentuhan apalagi bersalaman.

“Kita harus tetap jaga jarak supaya tidak berdempetan dan tetap menerapkan protokoler kesehatan”. Ucap salah satu petugas masjid

Tak hanya itu, saat berlangsungnya khutbah sholat Jumat, Khatib juga mengangkat tema tentang bahaya dampak yang terjadi akibat Covid-19, serta upaya pencegahan wabah virus Corona.

Sementara itu, beberapa jamaah masjid mengaku senang dan bersyukur karena bisa kembali melaksanakan Sholat Jumat di masjid Agung Al Faruq.

Berita Terbaru