oleh

Desa Sangatta Utara Bakal di Mekarkan, Selama Dua Bulan Di Targetkan Desa Persiapan Sudah Ada

Sangatta. Proses pemekaran Desa Sangatta Utara, terus berlanjut. Setelah lebih kurang dua minggu berproses, kini sejumlah tahapan sudah dilakukan oleh tim pemekaran. Bahkan ditargetkan, proses pemekaran Desa Sangatta Utara ini bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Demikian diungkapkan Camat Sangatta Utara, Muhammad Basuni.

Kepada wartawan, Basuni selama lebih kurang dua minggu berproses, tim pemekaran Desa Sangatta Utara sudah melakukan pengambilan titik koordinat di lapangan sesuai batas wilayah Desa Sangatta Utara yang ada, juga sudah melakukan koordinasi dan menyepakati beberapa hal dengan pihak pemerintah Kelurahan Teluk Lingga.

“Tim pemekaran Desa Sangatta Utara menargetkan jika proses pemekaran bisa diselesaikan dalam kurun waktu lebih kurang dua bulan ke depan. Target ini membuat tim pemekaran Desa Sangatta Utara terus bekerja keras untuk melengkapi beberapa persyaratan yang kurang. Seperti, melengkapi sejumlah rekomendasi atas batas wilayah”.Jelasnya

 Bahkan saat terakhir kali tim pemekaran menghadap Bupati Kutim Ismunandar, pihaknya mendapatkan respon positif. Sehingga wajar saja jika ditargetkan dalam waktu dua bulan ke depan, tahapan pemekaran Desa Sangatta Utara sudah sampai pada diterbitkannya Peraturan Bupati (Perbup) Kutim untuk desa persiapan.

“Sebab nantinya, tim pemekaran dan Pemkab Kutim juga harus melakukan konsultasi dengan Biro Pemerintahan Provinsi Kaltim untuk mendapatkan kode desa persiapan”.Terangnya

Ditambahkan Camat Basuni, dirinya berharap tahapan pemekaran Desa Sangatta Utara hingga pada terbitnya kode desa persiapan, bisa rampung  sebelum selesainya penusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Sangatta Utara.

“Sebab, sebagaimana aturan yang diatur dalam Undang-undang Desa, bahwa desa induk wajib membagi anggarannya kepada desa pemekaran. Hal ini juga berlaku kepada Desa Sangatta Utara sebagai desa induk kepada bakal desa pemekaran, nantinya”.Imbuhnya (Ib/KE)

Berita Terbaru