oleh

Ismunandar Tetap Komitmen Utamakan Pembentukan DOB Kutai Utara

Sangatta…Meski saat ini pembentukan Daerah Otonomi Baru atau DOB Sangkulirang sudah berada dalam tahap kajian akademis, sebagai salah satu persyaratan pengajuan DOB Baru. Namun Bupati Kutim Ismunandar mengaku jika pihaknya akan tetap berkomitmen untuk lebih mengutamakan pembentukan DOB Kabupaten Kutai Utara yang sudah diusulkan ke Pemerintah Pusat.

“Saat ini kami masih berusaha agar Kutai Utara bisa segera terbentuk jadi DOB baru di Kaltim”. Jelas Ismunandar saat di temui sejumlah awak media.

Bahkan sebagai bentuk komitmen mendukung pembentukan Kutai Utara, Ismunandar mengaku jika sebelumnya dirinya juga pernah berjanji dihadapan DPD-RI, jika Kutai Utara berhasil disetujui menjadi salah satu daerah otonomi baru di Kaltim. Maka pihaknya bersedia menyiapkan anggaran sebesar Rp 300 miliar untuk persiapan pemekaran Kutai Utara.

“Ini salah satu komitmen kami ke DPD-RI untuk membangun Kutai Utara, jika berhasil disetujui oleh Pemerintah Pusat dan itupun juga belum direspon baik oleh Pemerintah Pusat hingga hari ini, bagaimana keseriusan kita”. Bebernya

Sementara itu, saat ini muncul lagi aspirasi langsung dari masyarakat untuk membentuk DOB Sangkulirang. “Ya silahkan saja di bentuk dan lakukanlah kajian terlebih dahulu hingga menyiapkan seluruh persyaratan pengajuan DOB. Namun saat ini kita masih mengutamakan pembentukan Kutai Utara yang sudah masuk pengusulannya ke Pemerintah Pusat”. Jelasnya

Selain itu, Ismunandar berharap Pemerintah Pusat dapat mewujudkan mimpi masyarakat pedalaman Kutim untuk membentuk Kabupaten sendiri, baik DOB Kutai Utara maupun DOB Sangkulirang. Sehingga pelayanan selama ini yang berjalan kurang maksimal dikarenakan rentang jarak yang jauh antar kecamatan, dapat lebih dimaksimalkan lagi.

Perlu diketahui, masyarakat pedalaman Kutai Kutara dalam beberapa tahun terakhir terus memimpikan pemekaran daerah. Delapan kecamatan yang telah sepakat membentuk Kabupaten Kutara yakni Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Mesangat, Busang, Batu Ampar, Telen, Muara Wahau dan Kecamatan Kongbeng. Sementara untuk DOB Sangkulirang 5 Kecamatan yang telah sepakat membentuk Kabupaten Sangkulirang yakni Kaliorang, Kaubun, Karangan, Sangkulirang dan Sandaran.

Berita Terbaru