oleh

Kafilah MTQ se Kutim Mulai Verifikasi Berkas

SANGATTA – Rangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 15 Tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mulai memasuki tahap verifikasi berkas peserta. Dari pantauan sejak pukul 08.00 pagi, masing-masing kafilah kecamatan bergantian memadati Sekretariat tim verifikasi di Ruang Damar, Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi, Rabu (11/12/2019). Didampingi camat dan official, para peserta terlihat tertib mengikuti proses verifikasi.

Pelaksanaan verifikasi dilaksanakan selama dua hari dari 18 Kecamatan. Hari pertama, verifikasi dimulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 05.00 sore diikuti sebanyak 10 kecamatan. Sesuai jadwal, verifikasi dimulai dari rombongan kafilah Kecamatan Sangatta Utara, kemudian Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Rantau Pulung, Bengalon, Kaliorang, Kaubun, Sangkulirang, Muara Wahau serta Kecamatan Kongbeng. Sedangkan delapan kecamatan lainnya akan melakukan verifikasi esok harinya.

Dihadapan 38 panitia tim verifikasi dan 6 orang tim pengesah, para peserta wajib melengkapi persyaratan administrasi dan menunjukan berkas asli seperti KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Pelajar (bagi siswa), ijazah serta berkas pendukung lainnya yang sudah ditetapkan. Dalam proses verifikasi tersebut juga dilakukan pengambilan nomor peserta.

Ketua Tim Pengesah, H Ambotang mengungkapkan, syarat utama untuk menjadi peserta MTQ adalah tercatat sebagai warga Kutim. Tak hanya itu batas umur juga akan disesuaikan dengan ketentuan MTQ.

“Jadi peserta tidak boleh berasal dari luar daerah Kutim,” tegas Ambotang.

Lebih lanjut ia menjelaskan, setelah dilakukan pengecekan kelengkapan berkas oleh tim verifikasi, selanjutnya berkas peserta disahkan oleh tim pengesah.

“Kami juga mengingatkan kepada para peserta sebelum mengikuti proses verifikasi, kelengkapan berkas diperiksa dengan baik dimasing-masing kecamatan. Terutama domisilinya dan umur mohon diperhatikan. Sehingga kami tidak sulit untuk melakukan verifikasi,” tutur Ambotang.

Diketahui, pembukaan MTQ ke 15 Tingkat Kutim bakal dibuka pada 13 Desember di Masjid Agung Al Faruq. Sedangkan, untuk perlombaan MTQ dimulai pada 14 -16 Desember.(hms10)

Berita Terbaru