oleh

UMK Kutim 2020 Naik Jadi Rp 3,1 Juta

Sangatta…Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kutai Timur untuk tahun 2020 mendatang, diusukkan naik menjadi sebesar Rp. 3.140.000, dari yang sebelumnya senilai Rp 2.893.000. Kenaikan ini sendiri sudah dibicarakan langsung antara Serikat Buruh dan Perwakilan Perusahaan atau Pengusaha, berdasarkan kesepakatan yang ada. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kutim Darius Diu Jian, saat ditemui sejumlah wartawan usai Coffee Morning berlangsung di Kantor Bupati pada Senin (4/11) siang tadi.

Menurut Darius Jiu Dian kenaikan UMK Kutim dipastikan naik sekitar 8,51 persen. Kenaikan itu berdasarkan adanya kesepakatan antara serikat buruh dengan pengusaha yang ada di Kutim.

“Kenaikan UMK ini telah diketahui oleh pihak Provinsi Kaltim, pada Minggu lalu. Pertimbangan kenaikan UMK sendiri tidak semata-mata usulan dari Disnakertrans, namun lebih pada kesepakatan antara Serikat Buruh dan Pengusaha,” jelasnya.

Sementara untuk upah minimun sektoral kabupaten atau UMSK, pihak Disnakertrans sudah tidak dapat bertindak lebih untuk mencampurinya. Karena nilai UMSK 2020 nilainya hampir sama dengan UMK Provinsi Kaltim”. Bebernya

Selain itu, menurut Darius Jiu Dian usulan kenaikan UMK Kutim, sebesar Rp 3,1 juta juga masih terbilang kecil bila dibandingkan dengan beberapa Kabupaten Kota di Kaltim, seperti Berau dan Penajam Paser Utara.

“Kisaran kenaikan UMK Kutim 2020, sebesar 8,51 persen dari jumlah UMK sebelumnya. Dimana pengusulannya berlangsung pada minggu lalu. Mudahan-mudahan minggu ini sudah bisa keluar dari pihak Provinsi Kaltim terkait kenaikan UMK Kutim,” ungkapnya.

Berita Terbaru