oleh

Pemkab Kutim Tetap Upayakan Giant Dump Truck Jadi Ikon Kutim

Sangatta. Pemerintah Kutai timur ternyata hingga kini masih terus mengupayakan agar sebuah unit alat berat berukuran raksasa yakni Giant Dump Truck, bisa hadir di tengah-tengah kota Sangatta dan menjadi ikon Kutim, yang terkenal sebagai daerah pertambangan.

Alat berat berbobot 363 ton yang selama ini digunakan oleh PT Kaltim Prima Coal (KPC) dalam operasional pertambangan batubara dan hanya ada dua di dunia tersebut, rencananya akan dipajang pada lokasi Polder Sangatta Jalan Ilham Maulana dan melengkapi ikon Kutim sebagai kabupaten pintar atau Smart City.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang kepada wartwan menuturkan jika saat ini Pemkab Kutim masih mengurus perizinan penggunaan alat berat tersebut kepada Diretkorat Jenderal (Dirjen) Kekayaan Negara serta izin langsung dari Presiden RI, Joko Widodo. Hal ini disebabkan nilai besi tua untuk dump truck raksasa tersebut masih di atas harga Rp 26 miliar.

Selain itu, status dump truck tersebut merupakan aset milik negara. Sehingga dengan melihat nilai dan statusnya, maka untuk memanfatkannya Pemkab Kutim harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari Presiden.

Lanjut Kasmidi, masyarakat selama ini mengetahui bahwa Kutim merupakan kabupaten dengan salah satu aktivitas pertambangan batubata terbuka terbesar di Indonesia. Sehingga dengan menghadirkan dump truck raksasa di tengah-tengah masyarakat Kutim, bisa lebih mengenalkan dan menambah wawasan masyarakat Kutim pada khususnya dan wisatawan pada umumnya, terkait kegiatan dan sejarah pertambangan batubara di Kutim. Selain itu, kehadiran dump truck raksasa ini nantinya sekaligus menjadi wahana swa foto bagi masyarakat.

Berita Terbaru